Your Adsense Link 728 X 15

Adopsi Anak Indonesia Paling Banyak Dilakukan Warga Eropa

Posted by admin Jumat, 30 Maret 2012 2 komentar
img
Selain orang Indonesia, warga negara asing juga bisa menjalani proses adopsi anak. Dijelaskan Ketua I Yayasan Sayap Ibu, Rin Tjiptowinoto, sejauh ini sudah cukup banyak orang asing yang mengadopsi anak di yayasannya.

"Ada yang dari Australia, Amerika, Jerman, kebanyakan dari Eropa,” tutur wanita yang akrab disapa Tjipto itu saat diwawancara wolipop di yayasan yang ada di Jl. Barito II/55, Jakarta Selatan, Rabu (28/3/2012).

Warga negara asing yang mengadopsi tersebut rata-rata adalah mereka yang bekerja di Indonesia. "Mereka yang bekerja di Freeport atau tambang di Kalimantan datang ke Jakarta untuk mengajukan pemohonan," tutur Tjipto lagi.

Syarat dan ketentuan WNA yang ingin mengadopsi anak, tidak berbeda jauh dengan Warga Negara Indonesia (WNI). Perbedaannya hanya pada proses pengumpulan dokumen yaitu dokumen autentik dari kecamatan, kantor imigrasi, Kedutaan Indonesia, serta kedutaan negara asal mereka yang ada di sini. Dokumen tersebut menyatakan kalau orangtua angkat sudah tinggal di Indonesia minimal dua tahun.

Setelah semua persyaratan dipenuhi dan balita yang sesuai dengan permohonan sudah ada, akan dilakukan kunjungan rumah oleh pekerja sosial dari yayasan dan Departemen Sosial, serta foster care juga atas izin Depsos. Foster care dilakukan selama enam bulan untuk memastikan anak memang dirawat dengan baik. Setelah foster care itulah baru WNA secara resmi mengadopsi si anak.

Berbeda dengan WNI, menurut Tjipto, WNA yang sudah mengadopsi anak, sering mengirimkan foto-foto pertumbuhan si kecil ke Yayasan Sayap Ibu. Tak hanya itu, ada juga WNA yang mau mengadopsi anak difabel.

"Pernah ada sepasang suami-istri warga negara asing yang umurnya sudah tidak memenuhi syarat dan mereka ingin mengadopsi anak yang mengalami kebutaan. Mereka kita perjuangkan dan akhirnya disetujui oleh pengadilan," kisah Tjipto.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

nama saya andolin
saya skrng sudah berumur 16 tahun
saya berjenis kelamin laki-laki
saya itu memang punya orang tua pi, orang tua saya gak pernah menganggap saya sebegai anak nya
jadi saya minta tolong kepada blog ini
"TOLONG CARI KAN ORANG TUA BARU SAYA YANG MAU MERAWAT SAYA
MENGAJARI SAYA
MENDIDIK SAYA
MENYEKOLAH KAN SAYA
SAYA BERDOA SETIAP HARI KELAK MENDAPATKAN KELUARGA YANG UTUH UNTUK SELAMANYA
Aminn ya tuhan

Unknown mengatakan...

nama saya andolin
saya skrng sudah berumur 16 tahun
saya berjenis kelamin laki-laki
saya itu memang punya orang tua pi, orang tua saya gak pernah menganggap saya sebegai anak nya
jadi saya minta tolong kepada blog ini
"TOLONG CARI KAN ORANG TUA BARU SAYA YANG MAU MERAWAT SAYA
MENGAJARI SAYA
MENDIDIK SAYA
MENYEKOLAH KAN SAYA
SAYA BERDOA SETIAP HARI KELAK MENDAPATKAN KELUARGA YANG UTUH UNTUK SELAMANYA
Aminn ya tuhan

Posting Komentar



Popular Posts